Sabtu, 29 Agustus 2009

Giornata 2 : Roma vs Juventus (30 Agustus 2009, Pukul 23.00 wib)


* Partai Big Match ini akan diselenggarakan di Stadio Olimpico Roma pada hari Minggu, 30 Agustus 2009 pukul 18.00 CET

atau

Minggu, 30 Agustus 2009
23.00 WIB


PERTEMUAN TERAKHIR JUVE DAN ROMA

Minggu, 22/03/2009 04:46 WIB

Juve Hancurkan Roma 4-1

Mohammad Resha Pratama - detiksport

Roma - Juventus terus menempel ketat pemimpin klasemen Inter Milan, setelah pada Minggu (22/2/2009) dinihari WIB, Alessandro Del Piero dkk tampil gemilang meremukkan AS Roma 4-1.

Stadion Olimpico Roma menjadi saksi tak berdayanya 'Serigala-serigala' ibukota yang tampil tanpa beberapa pemain inti mereka. Christian Panucci dkk dibuat kerepotan sepanjang laga dalam menahan serangan yang dilancarkan oleh 'Kuda Zebra' dari Turin.

Alhasil empat gol berhasil dicetak Juventus. Vicenzo Iaquinta memborong dua gol sementara gol-gol lainnya hasil sumbangan dari Olof Mellberg dan Pavel Nedved. Roma hanya mampu mencuri satu gol melalui Simone Loria.

Dengan hasil ini, pasukan Claudio Ranieri itu kokoh di urutan kedua klasemen dengan 62 angka, berbeda empat poin dengan Inter yang baru bertanding nanti malam melawan Reggina. Sementara skuad Luciano Spaletti masih tertahan di urutan keenam dengan poin 46 dari 29 kali bertanding.


Jalannya pertandingan
Sejak menit awal babak pertama dimulai, tak banyak peluang yang dihasilkan oleh kedua tim. Baru saat memasuki menit ke-33, sebuah kesempatan emas tercipta dan langsung berbuah gol bagi Juventus. Diawali pergerakan Sebastian Giovinco di sisi kiri pertahanan Roma, gelandang Italia itu mengirimkan umpan terobosan ke arah Iaquinta yang berada di dalam kotak penalti.

Dengan sekali sentuhan dan lewat kaki kanannya, Iaquinta melesakkan si kulit bundar ke pojok kiri gawang Roma tanpa mampu dijangkau oleh kiper Doni.

Enam menit kemudian usaha Roma untuk menyamakan kedudukan gagal setelah sepakan Mirko Vucinic di dalam kotak penalti membentur salah seorang bek Juventus dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Gawang Roma kembali terancam di menit ke-41, kali ini lewat tendangan keras Giovonco dari luar kotak penalti yang masih jauh dari sasaran. Kegagalan tersebut menandani bertahannya skor 1-0 untuk keunggulan tim tamu saat memasuki jeda.

Babak kedua baru berjalan dua menit, Roma sukses menyamakan kedudukan. Berawal dari sepak pojok Jeremy Menez, bola diteruskan Loria dengan sepakan kaki kiri yang mengoyak jala Gianluigi Buffon.

Pada menit 54 Iaquinta untuk kedua kalinya mampu menjebol gawang Doni. Crossing Zdenek Grygera dari sayap kanan mampu ditanduk penyerang timnas Italia itu dan bola yang sempat memantul tanah tak mampu dicegah Doni untuk masuk ke dalam gawangnya.

Corner Menez kembali mengancam pertahanan Juventus di menit ke-57. Bola yang dilesatkan gelandang Prancis itu mengarah tepat ke gawang dan Grygera mampu membuang bola tersebut.

Di menit ke-58 sepakan keras Giovinco dari jarak 20 meter masih mengarah tepat di pelukan Doni. Begitu juga counter attack Juventus tiga menit berselang hampir membuat Roma makin tertinggal. John Arne Riise yang tepat berdiri di garis gawang dengan sigap menghalau bola hasil tendangan Alessandro Del Piero.

Mellberg mencetak gol ketiga Juventus di laga itu pada menit 68. Memaksimalkan tendangan sudut Del Piero , bola hasil tandukan bek Swedia itu bersarang di pojok kanan atas jala Doni.

Juventus berhasil mencetak gol keempatnya pada menit ke-69 lewat kaki Nedved. Tendangan voli eks pemain timnas Ceko itu dari jarak 25 meter tak mampu dicegah Doni untuk masuk ke dalam gawangnya dan bersarang di pojok kiri.

Julio Baptista memiliki peluang di menit ke-79. Sayang bagi striker Brasil itu, sepakan terukurnya dari luar kotak penalti yang membentur seorang bek tim tamu dengan susah payah mampu diamankan Buffon.

Di menit ke-87 tendangan keras Marco D'Alessandro mampu menembus pertahanan Juventus, tapi dengan sigap Buffon mampu men-tip bola ke luar lapangan. Dan hingga berakhirnya pertandingan, papan skor tetap menunjukkan angka 4-1 untuk kemenangan Juventus.

Catania Kalahkan Lazio
Dalam duel Catania versus Lazio yang dilangsungkan Sabtu (21/3/2009) malam WIB di Angelo Massimino, tuan rumah sukses memukul tamunya dengan skor tipis, 1-0. Gol kemenangan Il Mussi Volanti dicetak Michelle Paulocci pada menit ke-24.

Dengan hasil ini, Catania naik dua peringkat ke posisi 11 dengan 37 poin dari 29 kali pertandingan. Di lain pihak, Biancoceleste terpaku di tangga ke-8 dengan 41 angka.

Susunan Pemain :
Roma : Doni, Riise, Mexes, Loria (Montella 63'), Panucci, Brighi, Filipe, Menez (D'Alessandro 81'), Baptista, Tonetto, Vucinic (Stojan 91').

Juventus : Buffon, Molinaro, Chiellini, Mellberg, Grygera, Salihamidzic, Poulsen, Tiago (Nedved 69'), Giovinco (Marchionni 72'), Del Piero, Iaquinta

Tidak ada komentar: