Kamis, 24 September 2009

Ferrara: "Kemenangan Akan Menambah Kekuatan Kami"


Ferrara: "Kemenangan Akan Menambah Kekuatan Kami"

"Kami selalu memulai musim dengan bentuk permainan tertentu, namun dengan seiring berjalannya waktu dan situasi mungkin kami harus mengubah apa yang telah kami bentuk dari awal. Kami tidak harus terpaku dalam satu bentuk formasi saja. Dalam setiap level setiap tim punya filosofi permainannya sendiri, namun tentu seperti yang kita ketahui pelaksaannya dilapangan seringkali berbeda. Ferrara tidak memprogramkan latihan khusus untuk menghadapi Genoa, dirinya sempat menyampaikan keinginan mengubah taktik, namun banyak aspek yang harus dia pelajari. Juventus yang dia latih harus dapat beradaptasi dilapangan, dan ini tidak berlaku bagi lawan tanding tertentu, terutama ketika mereka harus menghadapi Rossoblu: "Kami tahu bagaimana kuatnya Genoa. Gaya bermain mereka saat ini sudah melekat selama bertahun-tahun, bahkan pada beberapa pemain gaya bermain ini sudah dihayati, dan beberapa kali pergantian posisi pada pemain itu sendiri. Seringkali salah satu dari tiga pemain belakang bermain menyerang, dan ketika itu terjadi mereka dicover oleh rekan setimnya. Bermain baik di sektor sayap, mereka meresapi apa yang diinstruksikan oleh Gasperini dan membuktikan pada diri mereka senidri bahwa mereka dapat memainkan sepakbola yang baik, sangat hebat".

Ferrara memiliki pemikiran sendiri bagaimana untuk menyikapi hal ini: "Saya rasa sangat penting untuk memainkan bola-bola pendek, terutama di kedua lini penyerangan dan pertahanan. Gaya bermain ini akan dapat membuat kami lebih banyak menguasai bola dan memotong bola-bola panjang bila kami sedang kehilangan bola. Bola-bola panjang lebih efektif bila rekan setim anda secara fisik lebih kuat dan ini mungkin saja dapat menjadi solusi terbaik, terutama saat lawan menyerang anda. Kami harus pintar untuk memindahkan bola dari kaki ke kaki saat kami sedang dalam tekanan dan semua orang harus juga bergerak lebih cepat dan sigap. Kami memenangkan dua pertandingan sulit dan keduanya pertandingan tandang melawan Lazio dan Roma namun itu saya rasa belum cukup. Kemenangan kami harus dilewati dengan kemenangan lainnya. Dimulai dari pertandingan esok hari".

Ferrara diharap menjawab pernyataan yang dilontarkan oleh Gasperini yang menyatakan bahwa seorang debutan seperti dia di Juventus merupakan suatu kesalahan: "Saya mengerti bahwa Gasperini menyatakan seperti itu tapi Saya ya saya. Saya menyadari bahwa sebagai pelatih Juventus merupakan pengalaman pertama saya yang dapat mengganggu orang tertentu. Itu hal yang wajar". Kenyataannya, dengan sedikit pengalamannya, Ferrara mampu meraih kemenangan dan pujian: "Saya harap saya dapat menerimanya diakhir musim. Mereka membuat saya bahagia dan saya rasa juga membuat bahagia pemain yang bermain. Saya percaya pada kemampuan mereka dan mereka menginginkan kemenangan.

Diantara para juara yang ada, salah satunya yang sedang dalam performa terbaik adalah Gigi Buffon, yang merupakan lawan pertama Ferrara dan kemudian menjadi rekan setim. "Saya ingat dia sebagai lawan dan rekan dan saya rasa dia sangat percaya diri. Karir seorang juara tidak ditentukan dari satu musim yang bagus atau kurang. Saya tidak tahu berapa tahun Gigi telah bermain tapi dia selalu konsisten"

*juventus.co.id

Tidak ada komentar: